Dapat diartikan sebagai informasi yang disajikan oleh komputer dalam bentuk suara, video, animasi, teks dan grafis. Aplikasi multimedia sendiri diartikan sebagai aplikasi yang menggunakan ragam media. Hypermedia adalah contoh aplikasi multimedia. Contoh Hypermedia yaitu WORLD WIDE WEB (WWW). Hypermedia menggunakan konsep hyperteks yaitu teks yang berisi link ke teks lainnya. Sistem multimedia adalah sistem yang mampu memproses data dan aplikasi multimedia. Dalam memproses data aplikasi multimedia, sistem dikendalikan dengan komputer secara terintegrasi dan dengan antarmuka yang interaktif informasi disajikan secara digital.
Beberapa contoh aplikasi multimedia :
- Video conferencing adalah alat komunikasi jarak jauh yang menampilkan suara dan citra bergerak atau video secara real time melalui jaringan komputer. Aplikasi ini memungkinkan kelas jarak jauh dilakukan untuk membantu daerah – daerah yang kekurangan tenaga mengajar profesional.
- Groupware adalah aplikasi perkantoran yang digunakan untuk berkolaborasi dan berkomunikasi antar pegawai.
- Virtual reality adalah aplikasi yang membuat pengguna merasa berada di suatu situasi buatan yang kelihatan nyata. Alat simulasi training penerbang menggunakan aplikasi ini.
Sekarang banyak sekali aplikasi multimedia yang kita gunakan, di perkantoran, sekolah, univerisitas, dimanapun kita berada multimedia sudah menjamur.
Mengapa Multimedia?
Menurut riset Computer Technology Research (CTR):
Orang mampu mengingat 20% dari yang dilihat
Orang mampu mengingat 30% dari yang didengar
Orang mampu mengingat 50% dari yang didengar dandilihat
Orang mampu mengingat 60% dari yang didengar,dilihat, dan dilakukan. (Disini terdapat elemen multimedia dan memungkinkan interaksi dari pengguna)
Beberapa tips untuk belajar multimedia :
- Belajar satu persatu elemen multimedia (teks, grafis, suara, animasi dan video).
- Belajar satu atau lebih peralatan multimedia untuk mencipta dan mengolah elemen tadi.
- Baca majalahkomputer
- Proyek pengembangan Multimedia Web memerlukan lebih dari kreativitas dan hi-tech → organisasi dan bisnis. Mis: copyright materi, informasi e-bisnis.
Akses Multimedia
Tidak semua orang bisa mengakses multimedia. Keterbatasan ini karena:
Akses peralatan(hardware) dan ketrampilan
Infrastruktur jaringan → Geografis dan dana
Software multimedia
beberapa software pengolah grafis:
1. Aplikasi Pengolah Tata Letak (Layout)
Program ini sering digunakan untuk keperluan pembuatan brosur, pamflet, booklet, poster, dan lain yang sejenis. Program ini mampu mengatur penempatan teks dan gambar yang diambil dari program lain (seperti Adobe Photoshop). Yang termasuk dalam kelompok ini adalah:
- Adobe FrameMaker
- Adobe In Design
- Adobe PageMaker
- Corel Ventura
- Microsoft Publisher
- Quark Xpress
Program ini sering digunakan untuk keperluan pembuatan brosur, pamflet, booklet, poster, dan lain yang sejenis. Program ini mampu mengatur penempatan teks dan gambar yang diambil dari program lain (seperti Adobe Photoshop). Yang termasuk dalam kelompok ini adalah:
- Adobe FrameMaker
- Adobe In Design
- Adobe PageMaker
- Corel Ventura
- Microsoft Publisher
- Quark Xpress
2. Aplikasi Pengolah Vektor/Garis
Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat digunakan untuk membuat gambar dalam bentuk vektor/garis sehingga sering disebut sebagai Illustrator Program. Seluruh objek yang dihasilkan berupa kombinasi beberapa garis, baik berupa garis lurus maupun lengkung. Aplikasi yang termasuk dalam kelompok ini adalah:
- Adobe Illustrator
- Beneba Canvas
- CorelDraw
- Macromedia Freehand
- Metacreations Expression
- Micrografx Designer
Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat digunakan untuk membuat gambar dalam bentuk vektor/garis sehingga sering disebut sebagai Illustrator Program. Seluruh objek yang dihasilkan berupa kombinasi beberapa garis, baik berupa garis lurus maupun lengkung. Aplikasi yang termasuk dalam kelompok ini adalah:
- Adobe Illustrator
- Beneba Canvas
- CorelDraw
- Macromedia Freehand
- Metacreations Expression
- Micrografx Designer
3. Aplikasi Pengolah Pixel/Gambar
Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat dimanfaatkan untuk mengolah gambar/manipulasi foto (photo retouching). Semu objek yang diolah dalam progam-program tersebut dianggap sebagai kombinasi beberapa titik/pixel yang memiliki kerapatan dan warna tertentu, misalnya, foto. Gambar dalam foto terbentuk dari beberapa kumpulan pixel yang memiliki kerapatan dan warna tertentu. Meskipun begitu, program yang termasuk dalam kelompok ini dapat juga mengolah teks dan garis, akan tetapi dianggapa sebagai kumpulan pixel. Objek yang diimpor dari program pengolah vektor/garis, setelah diolah dengan program pengolah pixel/titik secara otomatis akan dikonversikan menjadi bentuk pixel/titik.
Yang termasuk dalam aplikasi ini adalah:
- Adobe Photoshop
- Corel Photo Paint
- Macromedia Xres
- Metacreations Painter
- Metacreations Live Picture
- Micrografx Picture Publisher
- Microsoft Photo Editor
- QFX
- Wright Image
Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat dimanfaatkan untuk mengolah gambar/manipulasi foto (photo retouching). Semu objek yang diolah dalam progam-program tersebut dianggap sebagai kombinasi beberapa titik/pixel yang memiliki kerapatan dan warna tertentu, misalnya, foto. Gambar dalam foto terbentuk dari beberapa kumpulan pixel yang memiliki kerapatan dan warna tertentu. Meskipun begitu, program yang termasuk dalam kelompok ini dapat juga mengolah teks dan garis, akan tetapi dianggapa sebagai kumpulan pixel. Objek yang diimpor dari program pengolah vektor/garis, setelah diolah dengan program pengolah pixel/titik secara otomatis akan dikonversikan menjadi bentuk pixel/titik.
Yang termasuk dalam aplikasi ini adalah:
- Adobe Photoshop
- Corel Photo Paint
- Macromedia Xres
- Metacreations Painter
- Metacreations Live Picture
- Micrografx Picture Publisher
- Microsoft Photo Editor
- QFX
- Wright Image